Pengikut

Jenis jenis hamster




Quote:
Karakteristik
Hamster memiliki badan yang gemuk, dengan ekor yang lebih pendek daripada badannya dan memiliki telinga yang berbulu, kaki yang lebar, pendek dan pendek gemuk. Hamster memiliki bulu yang tebal dan panjang, dan bulunya memiliki berbagai warna tergantung spesies hamster tersebut, contohnya hitam, abu-abu, putih, coklat, kuning dan merah. Bagian bawah hamster berwarna putih sampai abu-abu dan hitam. Hamster Dzhungaria - dikalangan hobiis dikenal sebagai Hamster Winter White (Phodopus sungorus) dan hamster kerdil bergaris (Cricetulus barabensis) memiliki garis hitam dibawah bagian tengah punggung. hamster kerdil padang pasir (genus Phodopus) adalah hamster terkecil, dengan panjang badan 5 sampai 10 sentimeter (sekitar 2 sampai 4 inci) , sedangkan hamster terbesar adalah hamster Eropa (Cricetus cricetus), dengan panjang badan lebih dari 34 sentimeter, tidak termasuk ekor pendek yang memiliki panjang 6 sentimeter.
Habitat
Habitat hamster di utara terletak dari Eropa tengah sampai Siberia, Mongolia, dan Tiongkok utara sampai Korea. Habitat hamster di selatan membentang dari Suriah sampai Pakistan. Mereka hidup di perbatasan padang pasir, bukit pasir yang divegetasi, bukit di kaki gunung dan dataran rendah yang bersemak-semak dan berbatu, sungai di lembah, dan padang rumput yang luas, beberapa juga tinggal di ladang tanam. Sebaran geografi menggambarkan kelompok spesies hamster, contohnya hamster eropa ditemukan di Eropa tengah dan Siberia barat serta Tiongkok barat laut, sedangkan hamster siria (dalam beberapa artikel disebut sebagai hamster golden atau hamster emas) hanya ditemukan di kota kecil di Suriah barat laut

1. Winter White

Quote:
Hamster Winter White memiliki penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tapi ada beberapa perbedaan ciri fisik. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat di link Jenis Jenis Hamster.

Hamster winter white dewasa sedikit lebih kecil dibanding hamster campbell, yaitu berukuran 7 - 9 cm. Umumnya memiliki 3 jenis variasi warna : Normal, Sapphire, dan Pearl.

Karakter hamster ini tenang, banyak juga yang penakut, dan kalau yang jinak biasanya senang memanjat ke tangan manusia. Banyak yang menyukai jenis ini dibanding hamster mini yang lain karena sifat manjanya ini.

Kelebihan Hamster Winter White. Persentase hamster winter white yang jinak lebih banyak dibanding jenis hamster mini yang lain. Hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.


Kekurangan Hamster Winter White. Menurut pendapat saya sendiri hamster ini lebih malas dibanding hamster jenis lain, seperti lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibanding bermain. Hamster winter white juga ada yang galak dan menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.

2. Campbell
Quote:
Varian hamster ini kebanyakan memiliki sifat suka menggigit, terutama saat mereka mulai memasuki usia kimpoi, sekitar umur 3 bulan keatas (meskipun tidak sedikit dari mereka yang jinak dan suka bermanja-manja). Jika kita sering menyentuh dan mengajaknya bermain, mungkin saja kamu bisa mendapatkan hatinya.
Banyak orang bertanya, sebenarnya hamster campbel itu variasi warnanya apa saja? Jawabannya tentu saja: BANYAK. Nah, supaya tidak penasaran, berikut adalah variasi-variasi warna hamster.

Yang harus diketahui pertama kali adalah warna-warna dasar hamster campbel. Ada 10 warna dasar yang diketahui ada di Indonesia.
Spoiler for data:




3. Roborovski

Quote:
Hamster roborovski adalah jenis hamster yang tercepat di antara hamster lainnya. Selain lucu dan warna bulunya yang berwarna emas, dia juga menggemaskan. Nah untuk menjaganya agar bulu mereka ga rontok atau jelek, kita harus rajin mencuci kandang mereka minimal sekali seminggu. Karena jika tidak dicuci atau diganti serbuk kayu atau pasirnya, maka akan basah oleh cairan mereka dan bulu2 mereka bakalan nempel2 di serbuk kayunya. Dan akan lebih baik jika sehabis mencuci kandang mereka, juga diberi cairan anti jamur. Karena takutnya di kandang mereka ada jamur nakal yang tumbuh baik yang kasat mata ataupun tidak. Banyak kok dijual di petshopNah bagi hamster robo yang gesit dan lincah, sebaiknya diberi kandang yang luas. Walaupun badannya kecil tapi mereka butuh ruang gerak yang luas. Dijamin deh kalau kandangnya luas mereka akan bermain dan tidak jarang membuat kalian ketawa-tawa karena ulah mereka. Mainannya juga sebaiknya ada, karena bila di kandang ga ada mainan mereka bisa bosen. Kan ga enak ngliat hamster yang kerjanya cuma tiduran aja sepanjang hari. Mainannya bisa berupa kincir, jungkat-jungkit, terowongan, bak pasir dll

4. Hamster Syrian

Quote:
Hamster Syrian ini di Indonesia memiliki berbagai sebutan 'aneh' sebagai Hamster Lokal, Giant Hamster dan Hamster Australia.

Disebut sebagai Hamster Lokal karena asalnya dari Indonesia tapi katanya sih karena diternakkan di Indonesia (padahal Hamster jenis lain juga semua diternakkan di Indonesia). Jadi tidak mengacu pada mahal atau murahnya Hamster itu sendiri.

Disebut Giant Hamster karena memang ukuran badannya paling besar di antara jenis Hamster lainnya yang ada di Indonesia. Kenyataannya di dunia ada jenis Hamster yang lebih besar, bahkan ada yang menyandang nama resmi sebagai Giant Hamster, tapi Hamster jenis ini liar dan tidak dipelihara manusia. Ada beberapa praktek penipuan yang memasang harga lebih tinggi untuk hamster syrian yang diberi label 'giant hamster' dengan alasan badannya lebih besar. Jangan tertipu! Ini hanya hamster syrian dengan usia yang lebih tua! Ingat Giant Hamster yang asli tidak pernah dipelihara manusia dan tidak diperjual belikan di manapun.

Hamster Australia adalah nama yang diciptakan para penjual yang tidak tahu-menahu soal hamster. Di Australia sendiri Hamster adalah hewan yang dilarang keberadaannya karena dianggap sebagai ancaman hama. Anda tidak akan menemukan Hamster di Australia! Ketika Anda melihat label Hamster Australia yakinlah bahwa itu adalah Hamster Syrian.

Kelebihan Hamster Syrian :

Hamster ini besar dan gerakannya relatif lambat dibanding jenis yang lain sehingga sangat cocok bagi anak-anak. Mudah dipegang dan mudah dijinakkan. Hamster Syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak. Kelebihan lainnya adalah hamster Syrian adalah satu-satunya jenis Hamster yang memiliki jenis bulu panjang (long hair). Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor Hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa Hamster itu akan kesepian tanpa teman Hamster lainnya.

Kekurangan Hamster Syrian :

Hamster ini kurang populer lagi sekarang di Indonesia, walaupun di luar negeri hamster jenis ini masih sangat populer karena sebagian besar show hamster adalah untuk memperlombakan jenis ini. Kekurangan lainnya adalah pengeluaran uang yang lebih besar untuk makanan, kandang dan serbuk kayu, tentu saja karena ukuran tubuh yang besar memerlukan segala sesuatunya dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu Hamster Syrian yang kita temui di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami penurunan kualitas akibat diternakkan secara massal tanpa memperhatikan masalah gizinya.




5. Hamster Cina

Quote:
Hamster Cina adalah hamster kerdil ekor panjang dan tidak terkait erat dengan hamster kerdil lainnya. hamster Cina juga harus ditempatkan sendirian; satu per kandang. Bulu Hamster Cina tidak seperti wol seperti yang dari spesies lainnya. Bulu punggung hampir berwarna coklat gelap tidak selalu terlihat jelas dan perut adalah abu-abu terang. Hamster Cina memiliki telinga gelap, ringan beringsut. Hamster Cina laki-laki memiliki buah zakar yang terlihat besar.
hamster ini berasal dari daerah utara cina dan termasuk dalam kluarga hamster berekor panjang.

- umur 2 – 4 thn,bila dirawat dgn baik.
- panjang maksimal bisa mencapai 10 cm.
- macam2 hamster cina : (normal,putih,berbintik2).

beberapa gambar hamster lainnya

Spoiler for lucu:


Spoiler for lucu:


Spoiler for lucu:


Spoiler for lucu:


Spoiler for lucu:


Spoiler for lucu:
Category: 0 komeentaar

0 komeentaar:

Posting Komentar

waktu yang kamu buang buat blog ini: seconds!

Flag Counter

free counters

Stat Counter


View My Stats

counter