Arsip Blog

Labels

Pengikut

Cara mudah merawat motor

Cara Mudah Merawat Motor

Kalau motor sudah mulai rewel memang paling menyebalkan. Padahal hal itu terjadi karena anda kurang merawat motor, apalagi anda ingin mengendarainya untuk pulang kampung atau mudik. Sebaiknya anda simak beberapa langkah-langkah mudah untuk merawat motor anda.

Cek kondisi oli. Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin seperti stang seher, seher dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang maka sebaiknya anda ganti. Mengganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Cek kondisi aki. Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Selain itu, jika baterai atau accu tersebut sudah melemah secepatnya anda ganti karena jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi atau serbuk putih. Korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama uang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo atau bagian-bagian lainnya.

Oleh karena itu, jika terjadi hal itu maka arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatiak jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Karena bisa merusak gigi transmisi.

Periksa rantai dan gir. Jangan biarkan rantai terlalu kendur atau terlalu kencang. Jika terlalu kendur bisa membuat rantai copot dari girnya. Sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Hal ini akan membahayakan diri anda sendiri.

Periksa kabel koil dan busi. Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan selang bensin. Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan mesin paling lama 2 menit. Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tidak perlu lama-lama cukup 1 hingga 2 menit. Hal ini agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi pemborosan bensin.

Periksa tekanan angin ban. Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena akan berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan selalu spart part asli. Lebih baik mahal sedikit tapi puas dan tahan lama daripada menggunakan yang tidak asli, murah tapi daya tahannya kurang. Jadi rawatlah motor anda dengan mengikuti langkah diatas agar motor anda tetap prima.
 
sumber : http://info-sepeda-motor.blogspot.com/2007/10/cara-mudah-merawat-motor.html
Category: 0 komeentaar

0 komeentaar:

Posting Komentar

waktu yang kamu buang buat blog ini: seconds!

Flag Counter

free counters

Stat Counter


View My Stats

counter