Arsip Blog

Labels

Pengikut

Heavy Rain:The Origami Killer


Developer: Quantum Dream
Release Date :
JP February 18, 2010
NA February 23, 2010
EU February 24, 2010

Heavy Rain adalah game bergenre thriller dan “interactive movie” jadi lebih menekankan pada cerita dan cutscene dalam game.
Game ini tengah digarap oleh developer Prancis Quantum Dream
Di dalam game ini nantinya kt bs memainkan 4 character yang mempunyai cerita berbeda masing masing.
Game ini juga dilengkapi dgn grafik yang sgt bagus dan realistik.
Game ini bercerita mengenai beberapa orang yang mencari pembunuh serial yang bernama “Origami killer”.
Gameplaynya game ini nanti bakal seperti detektif gitu, kita akan disuruh mencari bukti-bukti terus pilih interaksi-interaksi yang ada, terus setiap interaksinya bakalan mempengaruhi jalan cerita.
Game ini mainnya jg memakai “quick time event” yang seperti god of war gitu, pencet tombol tombol yang keluar nah kalau salah nantinya bisa beda jg aksi dan ceritanya.
Kalo misalnya salah satu dari karakter mati gamenya nga bakalan tamat, tapi alur ceritanya bakalan berbeda dan kita akan memainkan karakter yang lainnya.
Developernya sendiri bilang bahwa sekalipun semua orang dalam game mati cerita masih bisa tamat!
Profile playable characters:
Norman Jayden seorang FBI:
Scott Shelby seorang detektif privat:
Ethan Mars seorang Arkitek:
Madison Paige seorang Jurnalis:
Review by GueRakun:
Demografi gw
Sebelumnya gw mau ngasih gambaran tentang demografi gw, karena gw blom tentu tahu tentang selera agan2 semua, dan ini review dari ane yang mungkin subjektif. Gw di kelompok umur 25-30 thn (ga mau ngasih umur asli ), dan gw ga punya favorit genre tertentu karena gw maen game buat fun dan pengalamannya/sensasinya. Gw sendiri ga sampe masuk ke kategori power gamer tapi gw biasanya seneng maksimalin pengalaman bermain gw, dan gw cukup banyak meluangkan waktu buat game yang lagi gw maenin. Pertama-tama, kita musti download update 226 mb, trus kita disuruh install. Pas kita install, kita dikasih pilihan untuk melakukan sesuatu yang kecil tapi menambah immersiveness dari pengalaman kita. Trus selese install, kita langsung disuguhin scene yang sebenernya fungsinya buat tutorial + keterikatan ama karakter utama. Gw sendiri sangat tersentuh ama adegan pembukaan ini karena menyentuh area baru yang sebelumnya cm gw temuin di novel/film.
Control dan Gameplay
Mengenai kontrol, gw cuma gak suka mekanisme jalannya aja, tapi emang karena udah ga ada tombol lain lagi ya.. gw ngerti sih. Kalo masalah kamera, sering2 pencet L1 kalo kita pengen liat dari angle lain. Di option ada pilihan untuk mengubah difficulty dari pencetan pas Quick Time Event, apa Hard Medium ato Easy. Default di Hard di gw. QTE is really spot on and really good.
Game ini pake sistem one auto save, dan kita ga bisa ngesave manual. Jadi di game ini, ketika ceritanya udah mulai seru, gw saranin buat bener2 alert. Kalo pas pilihan, tanya ke diri kita kira2 kt mau yang mana. Kalo QTE pastiin kita tahu yang mesti kita lakuin. Kenapa? Karena setiap pilihan akan bikin konsekuensi dan menurut gw dalam banyak kasus ceritanya akan JAUH berbeda, jadi seperti banyak skenario paralel gitu. Jadi gw SANGAT tidak setuju kalo ada review yang bilang cuma perbedaan kecil2 aja, ga ngaruh ke cerita, itu reviewer BEGO tuh, ga tamatin gamenya kali ya?
Kalo gw di playthru pertama jalanin konsekuensi semua pilihan gw kecuali kalo ada bagian yang gw ga maksudkan seperti itu, gw load.. Kalo mau load, harus cepet pencet start dan balik ke menu utama, baru load, kalo ga udah keburu ketimpa auto savenya dan sedih..
Dari pengalaman gw, yang jelas game ini bisa mengubah temen gw yang nonton bareng maenin game ini dan tadinya ngomel2 tentang game ini sampe ketagihan minta gw selesain gamenya karena dia penasaran. Jadi eksekusinya gw bilang pas banget ampe bisa bikin orang berubah gitu..
Grafis dan Musik
Secara grafis, jangan jadiin environment pembukaan sebagai tolak ukur, karena gamenya bakal terlihat lebih bagus di adegan2 setelahnya. Karena beberapa tekstur di game ini sangat realistis dan amazing. Yang jelas salah satu game dengan grafik terbaik. Aktingnya lumayan lah, biarpun voice actingnya Dragon Age dan Uncharted 2 agak lebih bagus (karena yang ngisi juga jauh lebih terkenal).
Gw suka banget dengan kamera dan angle2nya, dieksekusi secara mantabh sekali oleh director David Cage. Jadi seperti film indie. Begitu juga dengan musiknya. Gw suka karena nadanya similar cuman diubah2 sedikit sesuai dengan konteks adegan. Mirip kaya film 2046nya Wong Kar Wai.

Replayability

Sangat replayable, dan gw suka ketika lo mau mengubah cerita lo, bisa pake NEW game yang bener2 totally dari awal lagi, atau pake CHAPTERS, dimana cerita terakhir lo bisa diulang dari chapter tertentu aja, yang pastinya mesti kita selesain sampe tamat supaya chapter2 selanjutnya bisa konsisten. Yang jelas di dalem benak gw udah ada sekitar 4 skenario yang bener2 jomplang perbedaannya yang bakalan gw coba.
Jadi jangan khawatir bahwa lo bakalan cuma maenin ni game 10-11 jam, karena rasanya bisa 20 jam lebih tuh. Apalg akan ada DLC 4 Maret ntar tentang prolog salah satu karakter kayanya.

Opini tambahan

Heavy Rain menurut gw perasaannya bisa dibandingin ama baca novel misteri, bukan film. Kenapa? Karena waktu yang dihabisin itu bukan cuma 1,5 -3 jam, tapi 10 jam keatas. Karena waktunya bisa sampe 10 jam, jadinya character bonding dan pengalaman kita bisa kebuka satu demi satu tanpa harus bener2 ngikutin alur film yang kadang terlalu cepet.
Gw tertarik ama Heavy Rain dari mulai diumumin karena gw sendiri tertarik ama game sebagai medium baru yang mesti bisa dianggap serius ama industri lain. Menurut gw emang ada bbrp hal yang aneh/story hole agak mengganggu dan cuma hal itu yang membuat gw gak akan kasih nilai sempurna buat game ini.

Kesimpulan
Grafik = 9
Musik = 9
Gameplay = 8
Immersiveness dan kadar emosi = 9.5
Replayability = 8
Addictiveness = 9

Review Score = 9.5, bukan rata2.
Screenshot :
Category: 0 komeentaar

0 komeentaar:

Posting Komentar

waktu yang kamu buang buat blog ini: seconds!

Flag Counter

free counters

Stat Counter


View My Stats

counter