Arsip Blog

Labels

Pengikut

GAWAT!Gara2 Pilot Asyik SMS di HP,Pendaratan Pesawat Jetstar di Changi Terganggu!

Note : Ada2 aja pilot2 jaman sekarang..masa sambil bawa pesawat main SMS di HP dan chatting di laptop??
GARA-GARA PILOT MAIN SMS DI HP, PENDARATAN PESAWAT JETSTAR AIR DI CHANGI TERGANGGU
Petugas keamanan udara di Australia sedang menyelidiki klaim pengaduan mengenai seorang pilot di sebuah maskapai penerbangan menggunakan ponsel untuk berkirim SMS (pesan singkat) sehingga berakibat pembatalan pendaratan di Singapura.
Pesawat JetStar terpaksa menunda pendaratan karena roda pesawat yang tidak kunjung turun.
JetStar membawa 167 penumpang, hanya berada di ketinggian 400 kaki di atas tanah saat mendekati landasan pacu di Bandara Changi ketika pilot diperintahkan untuk pergi berkeliling dan mencoba untuk mendarat lagi.
Disinyalir penyebab terganggunya pendaratan pesawat bertipe A321-200 adalah SMS pada HP pilot sebelum pesawat itu dipaksa untuk menunda pendaratan, demikian ungkap surat kabar Sydney Morning Herald.
Setelah apa yang dipercayai telah menjadi ‘peringatan konfigurasi yang salah’ akibat roda pendarat tidak turun, pesawat berkapasitas 210 kursi ini akhirnya mendarat dengan selamat.
Penyelidikan atas insiden ini akan memeriksa laporan mengenai pilot pesawat dengan nomor penerbangan JQ57 tersebut rupanya sedang asyik berkirim SMS di ponselnya sebelum melakukan pendaratan.
Biro Keselamatan Angkutan Australia menegaskan bahwa insiden sedang diselidiki. Seperti diketahui JetStar Air merupakan anak perusahaan penerbangan Australia, Qantas.
Direktur FBI investigasi keselamatan penerbangan, Ian Sangston, mengatakan penyelidikan akan mencoba untuk menentukan penyebab kesalahan konfigurasi pendaratan. Disinyalir, penyebab utama adalah kelalaian pilot yang asyik berkirim SMS dari HP menjelang pendaratan.
Simon Westaway, jurubicara perusahaan penerbangan, menolak untuk mengomentari rincian insiden tersebut, tetapi mengatakan maskapai ini membantu biro keselamatan penerbangan dalam investigasi tersebut.
“Kami tidak mau berkomentar dulu,” katanya, sambil menambahkan bahwa kedua pilot itu masih diperbolehkan terbang.
Awal tahun ini, biro keselamatan transportasi melaporkan bahwa pilot pesawat Jetstar pernah berada pada ketinggian 36 kaki sebelum membatalkan pendaratan pesawat di bandara Melbourne.
Pilot diberitakan gagal untuk melakukan prosedur pendaratan dan mengakibatkan kebingungan alarm kokpit.
Pada bulan Oktober tahun lalu, dua pilot dari Northwest Airlines (sekarang bagian dari Delta Air Line) dengan tujuan penerbangan Amerika Serikat, tanpa sadar telah melewati batas sejauh 100 mil gara-gara mereka keasyikan chatting di internet dari laptop masing-masing.Kedua pilot ini divonis melanggar peraturan keselamatan dan lisensi mereka dicabut.
wooi!! Inget keselamatan penumpang!!!
Category: 0 komeentaar

0 komeentaar:

Posting Komentar

waktu yang kamu buang buat blog ini: seconds!

Flag Counter

free counters

Stat Counter


View My Stats

counter